backgroud
logo

Trensosial

 

Pangeran Harry-Meghan Turun Tahta,Resmi Lepas Gelar Kerajaan

Pangeran Harry-Meghan Turun Tahta,Resmi Lepas Gelar Kerajaan

 
Pangeran Harry-Meghan Turun Tahta,Resmi Lepas Gelar Kerajaan
. (Getty Image)
WJtoday
Minggu, 19 Januari 2020 | 10:56 WIB
WJToday -Pangeran Harry dan Meghan tidak lagi menggunakan gelar "Yang Mulia" dan tidak akan menerima dana publik untuk tugas kerajaan.Pasangan itu juga tidak lagi secara resmi mewakili Ratu Elizabeth.

Pasangan bergelar Duke dan Duchess of Sussex itu berniat untuk membayar £2,4 juta (Rp42,6 miliar) uang pajak yang digunakan untuk renovasi Frogmore Cottage, yang akan tetap menjadi rumah keluarga mereka di Inggris, imbuh pernyataan tersebut.

Pengaturan baru ini mulai berlaku pada musim semi tahun ini, kata Istana.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah anggota senior keluarga kerajaan bertemu pada hari Senin untuk membicarakan peran Harry dan Meghan di masa depan.

Keduanya bulan ini mengumumkan keinginan mereka untuk "mundur" sebagai anggota senior keluarga kerajaan.

Istana menggulirkan pengumuman tersebut demi mengakhiri kasak-kusuk kekacauan monarki yang dipicu awal bulan, ketika pasangan itu mengumumkan keinginan mereka untuk undur diri dari tugas resmi kerajaan serta menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Utara.

Sang Ratu dan anggota keluarga senior bertemu pekan lalu untuk membahas situasi tersebut. Mereka mengklaim telah melakukan diskusi yang “konstruktif dan bersahabat” dengan para pejabat, tentang bagaimana langkah mundur ini akan bekerja untuk Harry (35) dan istri Amerika-nya, mantan aktris Meghan (38).

“Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga saya yang sangat dicintai,” ujar Ratu Elizabeth dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Istana, merujuk pada bayi laki-laki pasangan itu.

“Saya mengenali tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari pengawasan ketat selama dua tahun terakhir. Sehingga, pada akhirnya saya sangat mendukung keinginan mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri,” sambungnya.

Sang Ratu berkata, dia “sangat bangga” akan betapa cepatnya Meghan menjadi salah satu anggota keluarga. Pasangan itu menikah pada Mei 2018 dalam upacara mewah di rumahnya di Windsor Castle, sebelah barat London di depan jutaan pemirsa TV dunia.

Harry akan tetap menjadi pangeran dan pasangan itu akan mempertahankan gelar Duke dan Duchess of Sussex ketika mereka memulai perpecahan hidup baru antara Amerika Utara dan Inggris. Namun, mereka tidak akan mengambil bagian dalam acara upacara atau wisata kerajaan di masa depan.

Komentator kerajaan mengatakan itu sama dengan “turun tahta” dari keluarga kerajaan dan menunjukkan, di bawah kata-kata hangat, sang Ratu telah mengambil garis tegas.

“Lebih sulit memikirkan istirahat yang jauh lebih konkret daripada ini. Harry dan Meghan masih anggota keluarga Kerajaan, tetapi mereka secara efektif bukan lagi raja,” ujar koresponden BBC, Jonny Dymond.

Meghan saat ini berada di Kanada bersama Archie, dan Harry diharapkan akan segera bergabung dengan mereka.

Seorang juru bicara Istana mengatakan, pasangan itu tidak akan lagi menerima uang publik. Pun, mereka akan membayar biaya perbaikan pondok di Windsor, yang angka-angka resmi menunjukkan sebesar £2,4 juta (US$3,1 juta).

Masih belum jelas dana publik apa yang akan digunakan untuk keamanan mereka. Istana Buckingham menolak berkomentar tetapi mengatakan ada proses independen untuk menentukan pendanaan publik untuk keamanan.


LUKA KERAJAAN INGGRIS
Rencana pasangan untuk bebas diumumkan setelah istirahat panjang selama periode Natal di Kanada. Pengumuman tersebut telah mengejutkan anggota keluarga kerajaan awal bulan ini dan membuat Ratu serta senior kerajaan lainnya terluka dan kecewa, menurut sumber-sumber kerajaan.

Namun, dalam sebuah wawancara TV yang ditayangkan pada Oktober, keduanya telah menjelaskan bagaimana mereka berjuang dengan perhatian media yang sangat besar. Harry berujar, dia merasa istrinya telah menghadapi “intimidasi” dari beberapa tabloid.

Seorang teman Harry dan Meghan juga mengatakan minggu lalu, pasangan itu merasa mereka telah diusir oleh beberapa anggota keluarga kerajaan.

Perubahan akan mulai berlaku pada musim semi tahun ini, kata Istana, dan akan ada keterlibatan kerajaan lebih lanjut sebelum pengaturan baru diimplementasikan, meskipun tidak jelas apakah Meghan akan terlibat.

Situasi ini akan ditinjau dalam waktu satu tahun oleh bangsawan senior – ratu, ayah Harry, pewaris takhta Pangeran Charles, dan kakak lelaki Harry Pangeran William.

Ada spekulasi media yang intens dalam beberapa hari terakhir tentang apa peran pasti pasangan itu.

“Sebagaimana disepakati dalam pengaturan baru ini, mereka memahami telah diminta untuk mundur dari tugas kerajaan,” kata juru bicara Istana Buckingham pada Sabtu.

“The Sussexes tidak akan menggunakan gelar HRH atau Her Royal Highness. (Yang Mulia. Red), karena mereka tidak lagi menjadi anggota keluarga kerajaan.”***

TAK ADA RUMAH SINGGAH
Perubahan itu berarti Harry, yang bertugas satu dekade di Angkatan Darat Inggris, akan menyerahkan perlindungan militer dan perannya sebagai Duta Besar Pemuda Persemakmuran.

Tidak jelas apakah pasangan itu dapat terus menggunakan judul “Sussex Royal” untuk situs web dan pencitraan merek mereka.

Sementara itu, kendati mereka tidak akan lagi menerima dana publik, Pangeran Charles akan terus menawarkan dukungan keuangan pribadi, kata sumber kerajaan.

Sumber itu mengatakan, pasangan itu akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di Amerika Utara, dan belum menandatangani perjanjian komersial apa pun.

Setelah secara resmi mewakili sang Ratu, Sussex telah menjelaskan, segala yang mereka lakukan akan terus menjunjung tinggi nilai-nilai keagungannya, kata juru bicara istana.

Sebelum pernikahan mereka, juru bicara Harry mengatakan, Meghan ingin menjadi warga negara Inggris, tetapi aturan menentukan, calon warga Inggris menghabiskan sebagian besar waktu mereka di Inggris. Istana Buckingham menolak berkomentar tentang masalah ini.

“Saya pikir sang ratu telah mengatasi krisis ini karena dia benar-benar menarik garis batas: Anda bisa menjadi orang pribadi, tetapi Anda tidak bisa menjadi Raja pada saat yang sama,” ungkap Alastair Bruce, seorang komentator di bangsawan, kepada Sky News.***

WJT / Wan

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya