backgroud
logo

Buletin

 

MUI Keluarkan Edaran soal Pengembalian Fungsi Utama Masjid, Oded: Itu Sudah Tepat

MUI Keluarkan Edaran soal Pengembalian Fungsi Utama Masjid, Oded: Itu Sudah Tepat

 
MUI Keluarkan Edaran soal Pengembalian Fungsi Utama Masjid, Oded: Itu Sudah Tepat
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (wjtoday/yuga m hassani)
yuga m hassani
Selasa, 21 Januari 2020 | 19:21 WIB

WJtoday, Bandung -  Wali Kota Bandung Oded M Danial menilai langkah Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan surat edaran, yang isinya meminta masjid dikembalikan ke fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, sudah sangat tepat.


Menurut Oded, hal tersebut untuk memnberikan kenyamanan kepada jamaaha yang akan menjalankan ibadah di masjid


"Masjid harus kembali ke fungsi utamanya untuk beribadah, sehingga akan memberikan kenyamanan kepada yang akan menjalankan kewajibannya," ucap Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Selasa (21/1/2020).


Sebelumnya, MUI Kecamatan Bandung Wetan mengeluarkan surat edaran mengenai adanya penyalahgunaan Masjid Al Islam oleh warga RW 11 terdampak penggusuran Rumah Deret Tamansari. MUI Bandung Wetan meminta masjid steril dari pengungsi.


Surat edaran yang dikeluarkan pada 16 Januari 2020 itu, berisi penyalahgunaan Masjid Al Islam karena dimanfaatkan pengungsi warga terdampak rumah deret Tamansari. Hal itu menindaklanjuti surat edaran MUI Kota Bandung mengenai fungsinya penggunaan masjid. Dalam surat tersebut, MUI Bandung Wetan meminta seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) mengembalikan fungsi masjid sebagaimana mestinya.


“Jadi fungsi mesjid harus dijadikan tempat ibadah, karena menurut temen-temen (MUI) dipakai untuk hal-hal yang tidak semestinya dilakukan di masjid," sambung Oded.


Oded sendiri mengaku mendapat informasi soal surat edaran MUI setelah menggelar rapat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Porkopimda), Komunitas Intelejen Daerah (kominda), dan dengan MUI kecamatan. 


Ia menyebutkan, sejak pertama adanya upaya relokasi dari Pemkot Bandung, beberapa warga yang tinggal di Masjid Al Islam tersebut memang bersikukuh untuk bertahan dan menolak proyek Rumah Deret. "Ai keukeuh (kalau bersikeras) wae mah da geus karolot (sudah pada tua) saya susah memaksa juga," ucap dia. ***

ymh / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya