backgroud
logo

Gaya Hidup

 

Antisipasi Penularan Covid-19, Perhatikan Kebersihan Mata, Mulut, dan Hidung

Antisipasi Penularan Covid-19, Perhatikan Kebersihan Mata, Mulut, dan Hidung

 
Antisipasi Penularan Covid-19, Perhatikan Kebersihan Mata, Mulut, dan Hidung
Antisipasi Penularan Covid-19, Perhatikan Kebersihan Mata, Mulut, dan Hidung. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Sabtu, 21 Maret 2020 | 23:15 WIB
WJtoday, Bandung - Pandemi virus corona atau Covid-19 menjadi topik kesehatan yang sering dibicarakan di seluruh dunia saat ini. Penyebaran yang cepat dengan korban yang besar membuatnya  menjadi salah satu penyakit yang menakutkan. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan total  kasus konfirmasi positif covid-19 per Sabtu  tanggal 21 Maret 2020 sore WIB  secara global sudah mencapai 285.665 kasus. 

Jumlah korban tewas sudah menembus angka 11 ribu, yaitu tercatat sebanyak 11.875 orang.

Wabah virus corona sudah terjadi di  186 negara dan teritori di seluruh dunia dan 1 alat angkut internasional (kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di Yokohama, Jepang).

Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, pneumonia akut, hingga kematian. Virus ini bisa menyerang siapa saja baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil atau menyusui.

Gejala awal pasien terinfeksi Covid-19 sebenarnya bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. Gejala paling umum yang diderita adalah demam kemudian pasien juga mengalami batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, dan letih atau lesu. 

Meski begitu, orang yang sudah terinfeksi bisa jadi tidak menunjukkan gejala apa pun, tetapi mereka masih dapat menularkan penyakitnya. Jika gejala-gejala infeksi virus asal China ini tak kunjung membaik dalam hitungan hari, atau gejalanya semakin berkembang, segeralah tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Covid-19  menyebar saat percikan dan penderita masuk ke dalam mata, hidung, dan mulut orang yang sehat. Virus tersebut juga bisa menular melalui air liur orang sakit yang menempel pada berbagai benda, seperti: tangan, kenop pintu, pegangan kereta, pulpen, handphone, laptop, tisu, tombol lift, gelas, pegangan tangga, dan lainnya.

Hingga saat ini, belum ada pengobatan atau vaksin yang dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan virus mematikan tersebut. Oleh sabab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.


Beberapa langkah yang dianjurkan oleh WHO  untuk mencegah infeksi virus corona antara lain berikut ini:

1. Sering cuci tangan dengan benar: saat mencuci tangan, gunakan air mengalir dan sabun atau cairan pembersih yang mengandung alkohol 60%.

2. Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit: jaga jarak paling tidak sejauh 1 meter dengan orang yang sakit, termasuk mengalami gejala batuk atau bersin.

3. Kurangi menyentuh mata, hidung, dan mulut: terutama dengan menggunakan tangan yang kotor. Jangan sering menyentuh wajah dengan tangan. 

4. Menjaga kebersihan dan menerapkan etika batuk: saat bersin atau batuk, usahakan dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tisu, masker, atau siku bagian dalam. 

5. Hindari penggunaan barang bersama-sama: ada baiknya saat ini mengurangi penggunaan barang bersama-sama. Sebab, virus corona berpotensi menyebar melalui benda.

6. Tetap di rumah kecuali untuk mendapatkan perawatan medis: mengisolasi diri dengan tidak berpergian ke tempat-tempat ramai.

7. Konsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah: dengan mengonsumsi gizi seimbang, bisa menambah daya tahan tubuh. 

8. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup: dianjurkan untuk olahraga di rumah, seperti kardio. Istirahat minimal 6 jam sehari.

9. Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak: pasalnya, seringkali makanan dengan produk hewan mentah atau setengah matang sendiri memiliki bakteri-bakteri yang tidak hilang. ***

Pertahanan Covid-19 di berbagai benda. (Infografis: WJtoday/Yoga Enggar)

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya