backgroud
logo

Buletin

 

Turun Pertengahan April, Dua Golongan Warga ini Terima Bantuan Dampak Covid-19

Turun Pertengahan April, Dua Golongan Warga ini Terima Bantuan Dampak Covid-19

 
Turun Pertengahan April, Dua Golongan Warga ini Terima Bantuan Dampak Covid-19
Cair Pertengahan April, Dua Golongan Warga ini Terima Bantuan Dampak Covid-19. (pam/WJtoday)
yuga m hassani
Senin, 6 April 2020 | 20:28 WIB
WJtoday, Bandung - Gubernur Jabar idwan Kamil mengatakan bantuan untuk warga terdampak Covid-19 akan diturunkan pertengahan April ini.

Pihaknya menuturkan pendataan golongan B sedang dilakukan oleh RT/RW. Ia menjelaskan yang perlu dibantu Jaringan Pengaman Sosial adalah yang menurut sensus ekonomi tahun lalu berada di 40 persen ekonomi terbawah.

"Insya Allah jika lancar, pertengahan April sudah bisa didistribusikan. Jika yang merasa berhak namun terlewat pendataan, akan dilakukan revisi data di gelombang berikutnya," ungkap pria yang kerap disapa Emil pada akun Instagram-nya, Senin (6/4/2020).

Menurutnya, terdapat dua Golongan yang yang bisa mendapatkan bantuan jaminan sosial. Ia menjelaskan untuk Golongan A, ditujukan untuk warga Jabar yang berada 25% ekonomi terbawah akan dibantu pemerintah pusat dengan APBN melalui Kartu Sembako dan Kartu PKH. 

"Sementara itu untuk mereka yang jadi pengangguran akan dibantu Kartu Prakerja," ujar Emil.

Ia pun menjelaskan untuk Golongan B adalah warga Jabar yang berada di rentang 25% sampai dengan 40% ekonomi terbawah. 

"Tadinya golongan ini hidup mandiri. Namun golongan ini jatuh pada rawan miskin karena Covid," katanya.

Emil mengatakan Golongan B lah yang akan dibantu dan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Jabar dengan total Rp3,2 triliun untuk 4 bulan ke depan.

"Agar ekonomi pasar tetap berjalan, maka sembako dibeli dari pedagang pasar dan bulog, dikirim oleh OJOL/OPANG dan PT POS, kepada rumah tangga yang berhak," katanya.

"Doakan ikhtiar ini Allah permudah dan lancarkan. Semoga Allah cukupkan rizki mereka yang di atas golongan A dan B ini. Aamiin," imbuhnya mengakhiri. ***

ymh / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya