backgroud
logo

Politik

 

Riza Patria Terpilih jadi Wagub DKI Jakarta Dampingi Anies Baswedan

Riza Patria Terpilih jadi Wagub DKI Jakarta Dampingi Anies Baswedan

 
Riza Patria Terpilih jadi Wagub DKI Jakarta Dampingi Anies Baswedan
Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. (detik,com)
WJtoday
Selasa, 7 April 2020 | 04:54 WIB
WJtoday, Jakarta - Politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta pada pemilihan wagub oleh DPRD DKI Jakarta dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Senin (6/4/2020).

Berdasarkan hasil perhitungan, Riza memperoleh 81 suara. Sementara pesaingnya, Nurmansjah Lubis, memperoleh 17 suara. Dengan demikian, Riza bakal mengisi posisi Wagub sebagai pendamping Gubernur Anies Baswedan hingga 2022 mendatang.

Selanjutnya, DPRD DKI Jakarta akan menyerahkan hasil pemilihan wagub ini kepada Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri.

Riza Patria terpiliah menjadi Wagub DKI Jakarta dengan memeroleh 81 suara pada rapat paripurna pemilihan wagub di DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020), politisi Partai Gerindra ini mengalahkan rivalnya dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS),  Nurmansjah Lubis. yang hanya memeroleh 17 suara. 

Sebelumnya, Partai Gerindra dan PKS telah mengusulkan 2 nama calon wagub DKI pengganti Sandiaga Uno kepada DPRD DKI Jakarta. Dua nama itu adalah politikus Gerindra Ahmad Riza Patria dan politikus PKS Nurmansjah Lubis. 

Riza dan Nurmansjah merupakan cawagub baru yang diusulkan Gerindra dan PKS. Mereka menggantikan dua nama cawagub sebelumnya, yakni kader PKS Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Gerindra dan PKS mengganti nama cawagub karena nama Agung dan Syaikhu tak kunjung diproses oleh DPRD DKI Jakarta. Padahal, dua nama itu sudah diserahkan ke DPRD pada Maret 2019. 

Anies Berharap Wagub Segera Dilantik
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat atas terpilihnya Riza sebagai wagub menggantikan Sandiaga Uno.

Anies yakin dirinya bisa bekerja sama dengan Riza dalam memimpin Jakarta di sisa masa jabatanya, 2 tahun ke depan.

“Pemilihan, penghitungan suara sudah selesai, dan terpilih Bapak Ahmad Riza Patria. Saya mengucapkan selamat dan insya Allah nanti kami bisa bekerja sama dengan baik,” ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).

Anies juga berharap Riza segera dilantik menjadi wagub oleh Presiden Joko Widodo. Pasalanya, sejak dilantik menjadi Gubernur pada 16 Oktober 2017, Anies hanya 10 bulan memiliki wakil, yakni Sandiaga Uno yang akhirnya mengundurkan diri karena maju sebagai calon Wakil Presiden pada Pilpres 2019. Semenjak saat itu atau selama 8 bulan ini, Anies memimpin Ibu Kota Jakarta. 

Anies berharap, Riza bisa mulai bekerja sebagai wagub untuk membantu dirinya menjalankan roda pemerintahan di Pemprov DKI Jakarta.

“Saya berharap nanti proses berikutnya bisa tuntas supaya terus (Riza) bisa mulai bekerja,” ujar Anies.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, kata Anies, DPRD DKI harus mengusulkan pelantikan wagub terpilih kepada Presiden. Presiden kemudian akan melantik wagub tersebut.

Anies sendiri belum mengetahui waktu pelantikan Riza sebagai wagub.

“Berdasarkan PP Nomor 12 Tahun 2018, nanti proses (setelah pemilihan) ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri. Sesudah itu baru kemudian pelantikan,” kata Anies. ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya