backgroud
logo

Persib

 

Belum Dinyatakan Negatif Covid-19, Wander Luiz tak Bisa Pulang ke Brasil

Belum Dinyatakan Negatif Covid-19, Wander Luiz tak Bisa Pulang ke Brasil

 
Belum Dinyatakan Negatif Covid-19, Wander Luiz tak Bisa Pulang ke Brasil
Wander Luiz saat menjalani tes Covid-19, Hingga saat ini hasil tes Luiz belum keluar.. (bola.com)
WJtoday
Selasa, 14 April 2020 | 04:46 WIB
WJtoday, Bandung - Striker Persib Bandung Wander Luiz dipastikan belum bisa pulang kampung ke negaranya, Brasil. Pasalnya, top skorer Liga 1 2020 ini belum dinyatakan negatif terinfeksi Covid-19.

Sebelumnya, pada 25 Maret lalu, berdasarkan hasil rapid test, Luiz dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Dia pun langsung melakukan isolasi mandiri di kediamannya.

Lalu setelah menjalani karantina selama 14 hari, Luiz kembali melakukan tes lanjutan yang dilakukan tim Laboratorium Kesehatan (Labkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar pada Kamis (9/4/2020) lalu. Selain Luiz, sang ayah juga melakukan tes karena selama berada di Bandung, ayahnya selalu mendampingi pemain yang telah mengoleksi 4 gol tersebut. Bahkan saat Luiz jalan-jalan ke Bali pun, sang ayah turut mendampinginya.

Namun hingga kini, hasi rapid test keduanya belum juga keluar, sehingga belum diketahui apakah Luiz masih mengidap Covid-19 atau tidak.

"Hasilnya saya masih nunggu, katanya hari (Senin) ini, tapi belum masuk juga," ungkap dokter tim Persib, dr Rafi Ghani, saat dihubungi wartawan, Senin (13/4/2020). 

Belum keluarnya hasil tes Luiz tersebut, menurut Rafi, karena tim Labkes Dinkes Jabar masih memeriksa sampel yang jumlahnya cukup banyak.  "Hari Sabtu (11/3/2020) bilangnya gitu, banyak yang tes sudah ada 1.000-an sampel. Makanya agak lama (keluar) hasilnya," sambungnya. 

Rafi menjelaskan, selama hasil rapid test belum keluar, Luiz tidak diperbolehkan terbang ke Brasil. Pasalnya, pihak maskapai dan imigrasi tak akan memperbolehkan Luiz menaiki pesawat bila belum memiliki surat hasil pemeriksaan yang menyatakan Covid-19. 

"Ya belum diizinkan. Kalau dari Persib silakan saja kan sebenarnya, tapi di bandara pasti tidak bisa pulang. Aturannya kan harus berbekal hasil pemeriksaan Covid-19 negatif jadi di bandara ditunjukkan supaya lebih mudah bagi mereka," tandas Rafi. 

Sementara untuk para legiun asing lainnya, juga pemain naturaliasi termasuk Pelatih Robert Rene Alberts, jelas Rafi, bisa pulang ke negaranya masing-masing tanpa ada hambatan.

"Kemarin kan Fabiano (Beltrame), (Geoffrey) Castillion, terus Coach Robert juga saya bekalin (surat hasil pemeriksaaan Covid-19) semua karena mereka kan negatif semua, jadi lancar-lancar saja. Jadi posisi Wander sekarang masih di Bandung," jelasnya.

Rafi menambahkan, meskipun sudah melewati masa isolasi selama 14 hari, hingga saat ini Luiz masih menjalankan anjuran dari tim kesehatan, salah satunya dengan melakukan social distancing. Bahkan dia masih melaksanakan program latihan mandiri untuk menjaga kebugaran tubuhnya. 

"Saya juga inginnya cepat keluar (hasil tesnya) karena Wander Luiz kan sudah isolasi mandiri, dan sekarang lagi social distancing sambil menunggu hasil pemeriksaan kedua," ucap Rafi.

Kondisi Luiz sendiri, menurut Rafi, dalam keadaan sehat. Tak ada keluhan kesehatan yang dirasakan, baik oleh Luiz maupun ayahnya. "Tidak ada kendala apapun. Demam, pilek atau batuk. Sehat sama seperti Luiz," katanya.

Rafi pun berharap dan optimistis hasil pemeriksaan Luiz negatif, apalagi selama masa isolasi, dia tetap menjaga kebugaran tubuhnya. "Karena sejauh ini dia melakukan program dengan sangat baik dan dari komunikasi saya setiap hari, tidak ada keluhan," jelas Rafi.

"Biasanya setelah isolasi mandiri 14 hari dan tidak bergejala saat diperiksa lagi, hasilnya negatif. Keduanya sangat disiplin tidak meninggalkan tempat isolasi, mereka mungkin enggak mau seperti itu terus dan mau pulang ke Brasil," paparnya. ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya