backgroud
logo

Gaya Hidup

 

Memasak Daging Lebih Gampang

Memasak Daging Lebih Gampang

 
Memasak Daging Lebih Gampang
Memasak Daging Lebih Gampang. (dream)
WJtoday
Kamis, 14 Mei 2020 | 13:13 WIB
WJtoday - Sudah pernah mencoba metode memasak 5.30.7 yang sedang hits??? Metode ini banyak dibicarakan para ibu untuk menghemat gas dan membuat masakan rebusan empuk yang pas serta pas pula kenyalnya kalau untuk olahan bubur. 

Metode 5.30.7 adalah metode memasak dengan 5 menit perebusan, lalu mematikan kompor sambil tutup dengan panci selama 30 menit, kemudian rebus kembali selama 7 menit. 

Cara memasak hemat gas ini bisa sebenarnya bisa diaplikasikan pada resepapapun yang mengharuskan Anda merebus. Misalnya Daging, kikil, babat, ceker ayam, kacang hijau, bubur mutiara, lontong, beras ketan, ubi/singkong, jengkol dan lain-lain.

Ternyata, ada beberapa jenis hidangan yang sebetulnya tidak terlalu efektif ketika menggunakan metode masak 5-30-7 di antaranya hidangan berbahan daging sapi atau daging ayam.
Salah satu tantangan mengolah daging merah seperti daging kambing atau daging sapi adalah membuat tekstur lebih empuk. Biasanya untuk mensiasatinya kita potong kecil-kecil atau direbus dalam waktu yang lama tapi sayangnya ini membuat daging jadi kurang gurih.

Sebenarnya kita bisa membuat daging empuk dengan bahan-bahan yang  mudah didapat didapur, Yuk simak apa saja bahannya:

1. Soda Kue
Siapa sangka, selain bisa bikin kue mengembang, ternyata baking soda juga bermanfaat untuk melunakkan empuk. Cara ini bisa dipraktikkan kalau kamu akan masak semur atau rendang karena warna daging yang direndam dengan baking soda akan berubah jadi lebih gelap. Balur dan diamkan selama 15-20 menit daging siap diolah

2. Garam
Menaburkan daging dengan garam laut dan mendiamkannya selama 1 jam adalah cara paling simpel untuk bikin teksturnya jadi empuk. Garam akan membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging sehingga daging akan terasa lebih empuk.

3. Lemon
Selain memberi citarasa segar, perasan lemon mampu memecah struktur protein daging sehingga bikin daging lebih empuk. Balurkan perasan air lemon atau jeruk nipis pada permukaan daging lalu simpan dalam kulkas selama beberapa jam sebelum dimasak. 

4. Daun Pepaya
Daun dan buah pepaya mengadung enzim papain yang membuat tekstur daging empuk. Bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah diremas hingga keluar getahnya. Diamkan daging selama sekitar 30 menit sebelum dimasak. Lebih praktis kalau daging dibungkus bersama bumbu karena bikin bumbu lebih meresap ke dalam daging.

5. Nanas
Enzim bromelin pada nanas mirip fungsinya dengan enzim papain pada pepaya. Sama-sama bikin daging jadi empuk. Parut atau haluskan nanas agar enzimnya keluar. Setelah itu, lumuri daging 15 menit sebelum dimasak lalu bilas. Terlalu lama akan membuat tekstur dan rasa daging bisa berubah akibat aroma nanas yang terlalu kuat.

6. Tomat 
Tomat mengandung tinggi asam dari vitamin C yang bisa bikin empuk daging yang alot. Blender buah tomat lalu balurkan pada daging dan diamkan kurang lebih 40-60 menit sampai daging empuk

7. Jahe dan Serai
Enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Serai bikin baunya lebih segar dan nggak prengus. Lumuri daging dengan jahe dan serai yang sudah diparut atau diiris tipis selama beberapa menit sebelum diolah.

8. Kopi 
Buat pecinta steak, kopi ternyata membuat daging jadi lunak dan rasa yang agak smoky. Rendam daging dalam kopi pekat selama 1 jam sebelum dipanggang. Selain rasanya yang jadi agak smoky, butiran kopi juga akan menambahkan tekstur crunchy.

9. Cuka 
Cuka bisa membantu memecah serat daging yang diempukkan dengan cuka. Kita bisa menggunakan cuka sari apel akan jadi lebih manis dan juicy. Bisa juga menggunakan cuka dapur. Lumuri daging beberapa jam lalu bilas sebelum diolah.

10. Minuman Bersoda
Sudah tahu belum sih kalau minuman bersoda alias cola juga bisa bikin tekstur daging jadi nggak alot?
Rendam daging dalam cola minimal 30 menit. Kandungan asam dalam cola menjadi katalis untuk melembutkan otot daging.*** (Rin)

WJT / agn

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya