backgroud
logo

Kabar DPRD Jabar

 

Banyak Tagihan Saat Pandemi, Legislator: OJK Telah Keluarkan Kebijakan Restrukturisasi

Banyak Tagihan Saat Pandemi, Legislator: OJK Telah Keluarkan Kebijakan Restrukturisasi

 
Banyak Tagihan Saat Pandemi, Legislator: OJK Telah Keluarkan Kebijakan Restrukturisasi
Anggota DPRD Jabar Komisi 3 Thoriqoh Nashrullah Fitriyah . (wjtoday.com/yuga hasani)
yuga m hassani
Sabtu, 16 Mei 2020 | 15:02 WIB
WJtoday, Bandung - Terkait banyaknya masyarakat yang mengeluh masih adanya tunggakan atau cicilan yang harus dibayar saat Pandemi Covid-19, Anggota DPRD Jabar Komisi 3 Thoriqoh Nashrullah Fitriyah mengatakan kebijakan mengenai hal tersebut sudah tercantum di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pihaknya menjelaskan mekanisme restrukturisasi kredit telah terdapat dalam POJK No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019.

"Aturan tersebut menjelaskan mekanisme restrukturisasi kredit atau pembiayaan dilaksanakan berdasarkan penilaian kualitas aset antara lain dengan penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, dan pengurangan tunggakan pokok," ujar Thoriqoh kepada wjtoday.com, Sabtu (16/5/2020).

Thoriqoh menuturkan selain itu kemudian juga dapat berupa pengurangan tunggakan bunga, penambahan fasilitas kredit/pembiayaan, dan konversi kredit/pembiayaan menjadi Penyertaan Modal Sementara.

"Memang saya lihat program ini hanya bisa dilakukan untuk masyarakat yang bekerja sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM). Sementara jika ada masayarakat PNS yang mengajukan ini, jelas-jelas itu tidak bisa," katanya.

Namun menurutnya hal tersebut juga menjadi pengawasan yang lebih untuk yang memberikan pinjaman kepada UKM yang mengajukan program tersebut.

"Biasanya memang yang ditangguhkannya adalah cicilannya. Sementara bunga nya mah tetepa aja di bayar kan," pungkasnya. ***

ymh / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya