backgroud
logo

Gaya Hidup

 

Menjaga Berat Badan setelah Puasa Ramadan

Menjaga Berat Badan setelah Puasa Ramadan

 
Menjaga Berat Badan setelah Puasa Ramadan
Menjaga Berat Badan setelah Puasa Ramadan. (idntimes)
WJtoday
Selasa, 19 Mei 2020 | 13:06 WIB
WJtoday - Buat yang menjalankan puasa 30 hari selama Ramadan adalah kesempatan emas untuk anda beribadah sekaligus menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan (BB). Berbagai studi medis telah melaporkan bahwa puasa dapat mengendalikan angka tekanan darah, kadar kolesterol, dan sensitivitas insulin tubuh. Dan adanya menurunkan berat merupakan hal yang membahagiakan buat kita yang mendambakan angka timbangan mengecil. Tentu kita ingin membuat berat badan  kita lebih stabil dan pas butuh usaha lebih.

Lalu, bagaimana caranya agar setelah puasa Ramadan tubuh tetap sehat dan tidak membengkak? Jawabnya tentu saja tetap kontrol asupan makanan dan tingkatkan aktivitas fisik.

Setelah satu bulan menahan diri mengurangi makan, begitu 1 Syawal berbagai hidangan terhampar diatas meja yang sayang untuk dilewatkan. Godaan inilah mempengaruhi nafsu makan. Ujungnya BB kembali melonjak pasca Ramadhan. Wah, ya jangan salahkan puasanya. Tapi coba tengok gaya hidup dan kebiasaan setelah berpuasa. 

Ya, diet bisa sering kacau saat Lebaran atau sesudahnya. Saat bertandang ke sanak saudara, kerabat, atau teman, kita selalu mencicipi hidangan. Belum lagi Karena sedang libur atau cuti, maka aktivitas seharian cuma diisi dengan tiduran atau duduk-duduk santai. Padahal, agar tubuh sehat optimal, perlu gerak badan atau aktivitas fisik. Banyak bergerak juga bisa membakar timbunan makanan yang kita konsumsi.

Supaya bisa menjaga BB ideal ikuti 6 tips berikut:

1. Kontrol Asupan Makanan
Konsumsi makanan berlebih setelah Ramadhan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan terkait dengan lambung dan usus. Selama Ramadan, metabolisme melambat karena kita mengurangi makanan. Nah, setelah itu, bantu metabolisme untuk kembali normal. Jangan berlebihan. Cukup, kembali ke normal. Maka, setelah puasa, makan dalam jumlah kecil-kecil saja meski lebih sering. Saat ada acara makan bersama, kendalikan nafsu makan. Bukankan puasa Ramadhan mengajarkan kontrol atas nafsu? Meski ada makanan enak, ambil sedikit saja. 

2. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi
Hidrasi adalah kunci menurunkan berat badan. Asupan cairan yang cukup membuat Anda mampu mengontrol nafsu makan. Minum dua liter air putih dalam sehari agar tubuh tetap terhidrasi. Namun, perlu dicatat, cairan yang dibutuhkan agar tubuh tetap terhidrasi adalah air putih, bukan teh atau kopi. Dua nama minuman terakhir memiliki sifat diuretik yang memicu keluarnya urine dan membuat tubuh dehidrasi.

3. Konsumsi Makanan Berserat 
makanan kaya serat seperti buah dan sayuran membuat perut merasa kenyang lebih lama dan mencegah overeating.

4. Asupan Karbohidrat Kompleks
Tubuh yang kian melar setelah berpuasa sebulan penuh disebabkan oleh terlalu banyak asupan karbohidrat olahan seperti roti, nasi putih, tepung, dan gula. Jenis karbohidrat ini bisa menaikkan dan menurunkan gula darah secara cepat. Ganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum, dan pasta cokelat yang kaya serat. Karbohidrat kompleks memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan membantu mengontrol kadar gula darah.

5. Bersantap perlahan
Makan perlahan dan nikmati tiap kunyahan atau gigitan akan membuat Anda makan lebih sedikit. Dilansir dari Medical Daily, walau lama dan merepotkan, makan secara perlahan bisa menyebabkan sejumlah manfaat termasuk turunnya berat badan. Hal ini juga membantu nutrisi terserap lebih baik, tingkat stres menurun, serta kondisi pencernaan meningkat. Usahakan beri jeda antara cemilan dan makan berat 

6. Tingkatkan Aktivitas Fisik 
Hasil studi para peneliti dari Universitas Oxford menyatakan orang yang rutin berolahraga ringan, mendapatkan manfaat sehat yang nyaris setara dengan orang yang rutin berolahraga keras.
Yang disebut sebagai olahraga minimal di sini adalah aktivitas seperti berjalan, bergerak aktif, atau secara konstan melakukan kegiatan fisik.***

WJT / agn

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya