backgroud
logo

Trensosial

 

YouTube Kini Punya Fitur Mirip dengan TikTok, Bisa Rekam Video atau Bikin Klip

YouTube Kini Punya Fitur Mirip dengan TikTok, Bisa Rekam Video atau Bikin Klip

 
YouTube Kini Punya Fitur Mirip dengan TikTok, Bisa Rekam Video atau Bikin Klip
YouTube Kini Punya Fitur Mirip dengan TikTok, Bisa Rekam Video atau Bikin Klip. (Freepik)
WJtoday
Senin, 29 Juni 2020 | 08:28 WIB
WJtoday - Kesukaan masyarakat modern untuk menyaksikan tayangan video, diikuti dengan munculnya aplikasi yang menyajikan rekaman gambar dengan durasi yang beragam. Tak hanya sekadar menjadi penonton, penyedia platform juga menawarkan pengguna untuk membuat videonya sendiri.

Cara tersebut, salah satunya dilakukan oleh Youtube. Melalui platform ini, pengguna bisa membuat karya video dengan beragam informasi dan kebutuhan. Bahkan, kini ada fitur baru untuk membuat video berdurasi 15 detik. Fitur ini mirip dengan yang dtawarkan oleh TikTok untuk pemakainya.

Melansir dari laman Independent, Minggu 28 Juni 2020, dalam sebuah postingan blog, anak perusahaan Google ini mengatakan sedang melakukan uji coba cara baru untuk para kreator bisa dengan mudah membuat konten secara langsung di aplikasi dan mengunggahnya sebagai satu video.

Uji coba akan diluncurkan untuk pengguna iOS Apple dan Android untuk pemegang perangkat Google. Beberapa klip 15 detik akan bisa digabungkan menjadi satu video dan memungkinkan penggunanya untuk mengunggah konten dengan aplikasi YouTube yang ada di smartphone.

"Jika Anda mengikuti uji coba ini, Anda akan melihat opsi 'membuat video' dalam menu unggahan seluler. Ketuk atau tahan tombol rekam untuk merekam video, lalu ketuk atau lepas tombol untuk berhenti merekam," kata YouTube.

Pengguna masih bisa mengunggah video dengan durasi yang lama, namun bedanya cara baru ini akan bisa dilakukan pada galeri ponsel, bukan galeri YouTube.

Kemampuan merekam video pendek sangat familiar dengan fitur utama aplikasi asal China, TikTok. Penggunanya bisa mengunggah video hingga durasi satu menit dengan menggabungkan semua video yang telah dibuat.

TikTok sendiri sudah memiliki sekitar 500 juta pengguna di seluruh dunia. YouTube bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang mencoba meniru mereka, ada juga Facebook yang mencoba menyainginya dengan aplikasi Lasso dan Reels.

Aplikasi tengah diuji di Meksiko, di mana TikTok belum pernah hadir di sana. Sedangkan Reels yang ditautkan di Instagram juga memungkinkan pengguna membuat video berdurasi 15 detik.

Reels juga mengizinkan pengguna menggunakan audio dari pengguna lain untuk dibuat menjadi konten. Fitur seperti itu juga ada di TikTok, yang disebut duet. Saat ini Reels sedang tahap uji coba di Brasil.***

WJT / agn

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya