backgroud
logo

Opini

 

Hikmah Pandemi untuk Keluarga

Hikmah Pandemi untuk Keluarga

 
Hikmah Pandemi untuk Keluarga
Cucu Sugyati: Hikmah Pandemi untuk Keluarga. (istimewa/dok pribadi)
WJtoday
Senin, 29 Juni 2020 | 16:15 WIB
WJtoday, Bandung - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun ini mengusung tema “Melalui Keluarga Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju yang Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Demi Terwujudnya Jawa Barat Lahir Bathin Dengan Inovasi dan Kolaborasi". 

Cucu Sugyati mengatakan, keluarga dan anak-anak merupakan aset paling berharga dalam kehidupan, terutama saat pandemi COVID-19. 

"Momen penting di pandemi COVID-19, yaitu kita menyadari ternyata aset penting dalam hidup adalah keluarga." kata Cucu di Bandung, Senin (29/6/2020).

Pandemi COVID-19 membuat hubungan keluarga lebih dekat dan berkualitas, karena orang tua memiliki waktu banyak saat bekerja di rumah bersama anak. 

Sebaliknya, sang anak pun akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga saat pandemi karena kegiatan belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh.

"Ada hikmahnya pandemi ini bagi keluarga. Ketika situasi mengharuskan semua lebih banyak beraktivitas dari rumah, secara tidak sadar kualitas hubungan antaranggota keluarga bisa ditingkatkan." ujar Legislator dari Fraksi Golkar ini.

Saat pemerintah mengimbau warga untuk tetap ada di rumah selama pandemi Covid-19 dan tidak bepergian jika tak benar-benar penting, saat itu pula menurut Cucu banyak hikmah yang bisa diperoleh keluarga.

Waktu ekstra di rumah, tanpa gangguan sekolah dan kegiatan ekstra kurikuler, memberi ibu, ayah, dan anak-anak lebih banyak peluang untuk terikat.

Selain itu, secara tak sadar kita dipaksa untuk menghentikan kehidupan yang sibuk dan menghabiskan waktu bersama di rumah telah membuat banyak dari kita mempertimbangkan apa yang benar-benar penting, seperti anak-anak, dan orang tua. 

Disebutkan pula jika kemunculan pandemi ini membuat keluarga menjadi lebih bersyukur dengan apa yang telah mereka nikmati dalam hidup.

"Terlepas dari jumlah korban pandemi yang mengerikan, setiap anggota keluarga menjadi lebih bersyukur atas kenikmatan dalam hidup," kata Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat ini.

Lebih dari itu, ketahanan keluarga pun saat ini diuji oleh pandemi, di mana bisa menjadi momen spesial untuk saling mengenal lebih dalam antar anggota keluarga.

“Ini merupakan momen special, supaya kita bisa kembali mengingat bahwa ada sesuatu yang penting untuk kita perhatikan dan buat baik. Di masa pandemi ini, kita bisa kembali lagi ke keluarga." ungkap Cucu.

Cucu pun mengutarakan pandemi ini akan memperkuat kepedulian antara satu anggota keluarga dengan yang lainnya.

“Dengan adanya pandemi ini, satu saja anggota keluarga sakit akan berpengaruh pada seluruh keluarga. Dan ini akan memperkuat ketahanan keluarga, kepedulian, dan saling menyayangi." tandasnya. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya