backgroud
logo

Gaya Hidup

 

Tren Bersepeda Selama New Normal, Bisa Bikin Tetap Bugar di Tengah Pandemi

Tren Bersepeda Selama New Normal, Bisa Bikin Tetap Bugar di Tengah Pandemi

 
Tren Bersepeda Selama New Normal, Bisa Bikin Tetap Bugar di Tengah Pandemi
Bersepeda adalah olahraga yang sehat, berdampak rendah yang dapat dinikmati semua usia. (istockphoto)
WJtoday
Selasa, 30 Juni 2020 | 06:58 WIB
Wjtoday - Akhir-akhir ini bersepeda sedang menjadi tren baru di tengah pandemi Covid-19. Bersepeda di era transisi New Normal ini dapat menjaga kesehatan kita. Banyak masyarakat Indonesia melakukan aktivitas bersepeda untuk mengisi waktu luang saat pandemi Covid-19.

Bersepeda adalah olahraga yang sehat, berdampak rendah yang dapat dinikmati semua usia, dari anak kecil hingga orang dewasa yang lebih tua. Bersepeda juga menyenangkan, murah dan bagus untuk lingkungan karena tidak mencemari lingkungan.

Bersepeda juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti dapat mengendalikan berat badan, mengurangi risiko penyakit seperti jantung dan pembuluh darah, mengurangi risiko kanker, mengurangi risiko diabetes, meningkatkan kekuatan imun pada tubuh, hingga mengurangi stres.

Bahkan secara statistik menunjukkan turunnya masa lemak saat bersepeda nyaris sama dengan berolahraga di gym dengan intensitas tinggi. Melansir laman Better Health, rutin bersepeda adalah satu di antara solusi terbaik untuk mengurangi dampak gaya hidup pasif.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda yang bisa kita dapatkan dirangkum dari berbagai sumber, selasa (30/6/2020).

1. Memperbaiki Kardiovaskular
Bersepeda dikategorikan olahraga kardio. Dengan bersepeda kamu mampu meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah.

Melakukan aktivitas bersepeda secara rutin juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Makin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular kamu, makin rendah risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. Menjaga Berat Badan
Bersepeda mampu meningkatkan kinerja kardiovaskular dan otot secara optimal. Meningkatnya kinerja kardiovaskular dari tubuhmu dan memiliki oto yang terlatih membuat metabolisme serta pembakaran kalori di tubuh menjadi maksimal.

Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

3. Menurunkan Tingkat Stres
Mungkin selama pandemi Covid-19 hampir semua masyarakat merasa jenuh di rumah. Satu di antara solusi menurunkan tingkat stres akibat pandemi dengan melakukan aktivitas bersepeda.

Namun, melakukan aktivitas sepeda harus sesuai protokol kesehatan yang telah diterapkan pemerintah. Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif.

Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit. Kondisi ini membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan makin terasa.

4. Menyehatkan Tulang
Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat mencegah kesehatan tulang kamu. Bersepeda juga merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

Sebuah penelitian mengungkapkan setelah pasien lansia mulai bersepeda, nyeri lutut dan osteoartritis semakin membaik.

5. Menurunkan Risiko Kanker
Sebuah studi menunjukkan melakukan aktivitas bersepeda dapat  mengurangi risiko kanker. Dengan rutin bersepeda, seseorang bisa memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua.

Bersepeda menurunkan risiko untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Selain itu, secara teratur bersepeda juga dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

6. Mengatasi Insomnia
Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Bagi anda yang mengalami insomnia, manfaat olahraga sepeda dipercaya mengatasi gangguan yang dialami. Melakukan aktivitas bersepeda 20-30 menit setiap 2 kali sehari bisa membuat waktu tidur akan datang lebih cepat.

Sedangkan, manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

7. Meningkatkan kekuatan otak
Olahraga telah berulang kali dikaitkan dapat menyehatkan otak dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari.

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu. Tidak hanya itu, manfaat bersepeda membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga.

Penelitian menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45-60 menit, empat kali seminggu.

8. Menumbuhkan lingkaran sosial Anda
Manfaat sepeda adalah olahraga yang sangat ramah. Bersepeda di sekeliling kompleks rumah awalnya  kemungkinan akan menemukan orang lain yang juga menyukai olahraga sepeda, yang pada gilirannya Anda bisa memulai obrolan ringan hingga menjalin pertemanan. Cakupan yang lebih luasnya, Anda bisa bergabung dengan klub sepeda yang rutin bersepeda setiap
 Sabtu atau Minggu.

Bergabung dengan klub atau grup bersepeda adalah cara terbaik untuk mengembangkan lingkaran sosial Anda, dan jika Anda baru menggunakan sepeda – Anda mungkin akan menemukan semua saran tentang pemeliharaan dan pelatihan sepeda, atau bahkan mungkin tentang hal lain di luar olahraga bersepeda.

Ada begitu banyak cara olahraga yang dapat meningkatkan suasana hati Anda: ada pelepasan dasar adrenalin dan endorfin, dan kepercayaan diri  meningkat yang berasal dari pencapaian hal-hal baru (seperti menyelesaikan olahraga atau mendekati tujuan tersebut).

Itulah manfaat bersepeda yang baik untuk kebugaran tubuh Anda. Jadi, yuk mulai sekarang rajin bersepeda atau pergi ke kantor menggunakan sepeda. Selain hemat ongkos, kesehatan yang akan kita dapatkan.***

Sumber: SehatQ, Alo Dokter, Dokter Sehat

WJT / nun

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait.

Berita Lainnya