backgroud
logo

Internasional

 

WHO akan Kirim Tim Investigasi Pandemi Covid-19 ke China Pekan Depan

WHO akan Kirim Tim Investigasi Pandemi Covid-19 ke China Pekan Depan

 
WHO akan Kirim Tim Investigasi Pandemi Covid-19 ke China Pekan Depan
WHO akan Kirim Tim Investigasi Pandemi Covid-19 ke China Pekan Depan. (WHO)
WJtoday
Selasa, 30 Juni 2020 | 10:54 WIB
WJtoday - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berencana akan mengirim tim ke China guna melacak awal kelahiran Covid-19 yang telah menewaskan lebih dari setengah juta orang di seluruh dunia.

Sejak ditetapkan sebagai pandemi pada Januari lalu, Covid-19 telah menyebar ke lebih 180 negara di dunia. Data Senin 29 Juni 2020 kemarin, menunjukkan kasus baru masih terus bertambah hingga menyentuh angka 10,2 juta dan kematian bertambah menjadi 502 ribu.

Sejumlah negara tengah berlomba menemukan vaksin virus tersebut, namun belum ada formula yang dianggap cukup ampuh untuk menyembuhkan virus yang menyerang pernapasan tersebut.

WHO menilai dalam mengatasi situasi yang disebut 'sangat tragis' ini butuh sejumlah metode pendekatan, termasuk melacak awal virus. Penelitian genom virus di awal penyebaran (sebelum bermutasi) diyakini dapat membantu para peneliti menemukan komposisi vaksin yang tepat.

Atas dasar tersebut, badan PBB yang menangani permasalahan kesehatan global itu berencana memberangkat sebuah tim untuk melakukan riset di Wuhan, China, mulai pekan depan. Wuhan merupakan lokasi kasus Covid-19 pertama muncul.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Gebreyesus, meminta Pemerintah China tidak mengaitkan rencana tersebut dengan sentimen politis, sebab urutan kronologis sangat diperlukan dalam sebuah penelitian ilmiah.

"Kami bisa melawan virus ini dengan lebih baik saat kami mengetahui segalanya tentang mereka, termasuk bagaimana mereka mulai menyebar," kata Tedros dikutip dari AFP, Selasa (30/6/2020).

"Kami akan mengirim sebuah tim ke China pekan depan untuk mempersiapkan untuk pelacakan dan kami harap hal tersebut dapat memberi kami pemahaman bagaimana virus tersebut mulai tersebar," ujarnya.

Penularan Covid-19 diklaim terjadi dari binatang ke manusia di pasar tradisional Wuhan yang menjual binatang-binatang eksotis untuk dimakan. Dalam perkembangannya, virus tersebut menginfeksi dari manusia ke manusia melalui droplet dan sentuhan fisik.***

WJT / agn

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya