backgroud
logo

Gaya Hidup

 

Cara Cepat Mudah Tidur di Malam Hari

Cara Cepat Mudah Tidur di Malam Hari

 
Cara Cepat Mudah Tidur di Malam Hari
Tidur yang cukup dan berkualitas berperan penting untuk menjaga kesehatan. . (istock)
WJtoday
Sabtu, 25 Juli 2020 | 22:44 WIB

WJtoday.com - Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Akan tetapi, beberapa orang mengalami gangguan tidur sehingga cara apa pun yang dilakukan tidak akan berhasil membuatnya memejamkan mata.

Bagi Anda yang kerap mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia, ada berbagai cara cepat tidur yang bisa dicoba. Selain mengonsumsi obat dari dokter berbagai cara alami juga bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan tidur.

Sulit tidur di malam hari dapat membuat Anda tidak bertenaga dan tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas keesokan harinya. Selain itu, tidur yang cukup dan berkualitas juga berperan penting untuk menjaga kesehatan.

Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan kebiasaan berikut ini sebagai cara cepat tidur di malam hari.

1. Atur agar tidur di jam yang sama setiap malam
Salah satu cara cepat tidur yang utama adalah mengatur waktu tidur agar selalu berada di jam yang sama setiap malam harinya. Misalnya, apabila Anda selalu tidur setiap jam 9 malam, maka Anda akan terbangun pada jam 5 atau 6 saat pagi hari.

Jika langkah ini bisa menjadi rutinitas harian Anda maka akan membantu kondisi tubuh agar tertidur lebih cepat dengan menciptakan kebiasaan jam biologis bagi tubuh atau ritme sirkadian.

2. Matikan lampu kamar
Anda akan lebih cepat tidur dalam suasana yang minim cahaya atau gelap. Meskipun hanya sedikit, cahaya dapat mengganggu hormon dan merangsang otak untuk tetap terjaga.

3. Matikan peralatan elektronik
Selain lampu kamar, mematikan semua peralatan elektronik Anda, seperti ponsel dan tablet, sekitar satu jam atau lebih sebelum tidur juga menjadi cara cepat tidur lainnya.

Ini karena cahaya yang dipancarkan dari peralatan elektronik dapat menurunkan produksi hormon melatonin sehingga kualitas tidur Anda bisa jadi terganggu.

4. Jaga suhu kamar agar tetap dingin
Cara agar cepat tidur selanjutnya adalah menjaga suhu kamar Anda agar tetap dingin. Tidak hanya membuat Anda lebih cepat tidur, cara ini juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Suhu ruangan yang lebih rendah dapat menurunkan suhu inti tubuh sehingga membantu Anda lebih cepat tidur. Umumnya, suhu ideal ruangan untuk tidur yang disarankan berada pada kisaran 18-24 derajat Celsius.


5. Gunakan aromaterapi
Aromaterapi banyak digunakan untuk memberi efek rileks dan tenang pada tubuh. Tak ayal jika penggunaan aromaterapi untuk tidur dapat dilakukan sebagai salah satu cara cepat tidur berikutnya.

Ada berbagai jenis wewangian aromaterapi yang bisa Anda gunakan.  Sebuah penelitian menemukan bahwa penggunaan minyak lavender sebelum tidur bisa memberi dampak positif pada kualitas tidur Anda. Para partisipan yang terdiri dari 31 orang itu juga mengaku lebih bertenaga sesaat setelah bangun tidur di pagi hari.

6. Lakukan olahraga
Olahraga secara rutin tidak hanya memiliki efek positif bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Melakukan aktivitas fisik secara rutin diketahui juga dapat memberikan dampak positif pada kualitas tidur Anda.

Sebuah studi yang melibatkan 305 orang partisipan berusia di atas 40 tahun yang mengalami gangguan tidur menyatakan bahwa melakukan olahraga intensitas sedang hingga berat dapat meningkatkan kualitas tidur.

Dengan demikian, Anda akan lebih cepat tidur dan dapat tidur lebih nyenyak di malam hari.


7. Baca buku
Membaca buku sebelum tidur dapat memberikan efek menenangkan dan mencegah kecemasan yang dapat menimbulkan gangguan tidur pada seseorang. Mata yang lelah setelah membaca buku dapat menjadi cara cepat tidur yang bisa dilakukan.

Kendati demikian, carilah buku-buku yang bersifat menghibur dan tidak membosankan. Hindari membaca buku yang berat atau menyebabkan respons emosional yang kuat.

8. Mandi air hangat sebelum tidur
Mandi air hangat sebelum tidur juga diyakini sebagai salah satu cara cepat tidur lainnya. Langkah ini dapat membuat tubuh lebih rileks dan membantu mengatur suhu sehingga Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

9. Hindari tidur siang
Cara cepat tidur berikutnya adalah menghindari waktu untuk tidur siang. Ya, bagi Anda yang memiliki waktu luang di siang hari dan ingin cepat tidur di malam hari, sebaiknya jangan tidur siang.

Tidur siang lebih dari dua jam atau jelang sore hari dapat membuat siklus tidur Anda menjadi berantakan.

Hal tersebut diperkuat oleh sebuah studi yang menemukan bahwa siswa yang tidur siang setidaknya tiga kali per minggu selama lebih dari dua jam atau menjelang sore hari memiliki kualitas tidur yang lebih rendah dibandingkan teman-teman sebayanya.

10. Hindari konsumsi kafein
Kafein berperan sebagai stimulan pada tubuh yang bisa membuat Anda terjaga di malam hari. Akibatnya, kualitas tidur Anda akan terganggu.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi kafein. Anda boleh saja mengonsumsi kafein, tetapi setidaknya lakukan empat jam sebelum jam tidur.


11. Hindari mengonsumsi makanan padat
Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang jarak waktunya terlalu dekat dengan jam tidur, terutama jenis makanan padat atau yang mengandung tinggi lemak. Pasalnya, proses mencerna makanan bisa memakan waktu setidaknya 2-3 jam lamanya. Hal ini mengakibatkan Anda jadi lebih sulit tidur.

Kemudian, jika Anda langsung tidur sesaat setelah makan maka dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau mual yang memperlambat proses pencernaan makanan. Meski demikian, kondisi tersebut belum tentu terjadi pada setiap orang.

Yang terbaik adalah memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum pergi tidur. Namun, perlu diketahui bahwa waktu tepat yang dibutuhkan cenderung bervariasi pada setiap orang.

12. Melakukan latihan pernapasan
Cara cepat tidur yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan latihan pernapasan. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

Jika dilakukan dengan rutin, latihan pernapasan ini diyakini bisa membuat Anda lebih rileks dan lebih mudah untuk tertidur.***

Sumber : sehatq. Com

WJT / nun

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait.

Berita Lainnya