backgroud
logo

Internasional

 

Dituduh Menghambat Penanganan Covid-19, Pemimpin Sekte Korsel Ditangkap

Dituduh Menghambat Penanganan Covid-19, Pemimpin Sekte Korsel Ditangkap

 
Dituduh Menghambat Penanganan Covid-19,  Pemimpin Sekte Korsel Ditangkap
Lee Man-hee, pemimpin sekte Shincheonji Church of Jesus di Korsel.. (Fox News)
WJtoday
Sabtu, 1 Agustus 2020 | 18:09 WIB

Wjtoday, Seoul - Pemimpin dari sebuah sekte keagamaan di Korea Selatan, yang pernah menjadi pemicu munculnya klaster virus korona (covid-19) di kota Daegu, ditangkap polisi pada Sabtu 1 Agustus 2020. Lee Man-hee, 88, ditangkap karena dianggap menghalangi upaya pemerintah dalam menangani pandemi covid-19.

Lee adalah pemimpin Shincheonji Church of Yesus, yang kerap dianggap masyarakat Korsel lebih mirip ke arah pengkultusan.

Pengikut sekte tersebut terkait dengan lebih dari separuh kasus covid-19 di Korsel sepanjang Februari lalu. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), sebanyak 38 persen dari total infeksi covid-19 berasal dari orang-orang terkait gereja tersebut hingga 19 Juli.

Dikutip dari The Straits Times, Lee ditangkap karena memberikan catatan tidak akurat mengenai jadwal perkumpulan gereja. Tidak hanya itu, ia juga memberikan data palsu mengenai identitas anggotanya kepada otoritas kesehatan.

"Ia ditangkap pada Sabtu pagi usai Pengadilan Distrik Suwon mengeluarkan surat perintah penangkapan pada pukul 01.20," ujar juru bicara pengadilan tersebut kepada AFP.

Menurut laporan media Yonhap, seorang hakim melihat adanya indikasi "percobaan sistematis" yang dilakukan Lee untuk menghancurkan bukti terkait Shincheonji.

Shincheonji mengklaim anggotanya menghadapi stigma sosial dan distriminasi jika keyakinan mereka diketahui publik. Oleh karenanya, banyak anggota Shincheonji enggan mengungkapkan identitas ke petugas.

Selain data palsu, Lee juga dituduh menggelapkan dana hingga USD6,45 juta dari anggaran gereja dan menggelar acara keagamaan tanpa persetujuan otoritas setempat.***

WJT / goy

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya