backgroud
logo

Ekspresi

 

Hadi Pranoto Angkat Bicara Soal Gelar Profesor dan Obat Herbalnya

Hadi Pranoto Angkat Bicara Soal Gelar Profesor dan Obat Herbalnya

 
Hadi Pranoto Angkat Bicara Soal Gelar Profesor dan Obat Herbalnya
Hadi Pranoto Angkat Bicara Soal Gelar Profesor dan Obat Herbalnya. (ist)
WJtoday
Senin, 3 Agustus 2020 | 19:48 WIB

WJtoday, Bogor - Hadi Pranoto mendadak menjadi sorotan publik lantaran mengaku sebagai profesor dan mengklaim telah menemukan obat herbal penyembuh Covid-19.

Hadi Pranoto angkat bicara soal keraguan publik atas klaim gelar profesor yang disematkan kepadanya saat diwawancara di channel YouTube musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji.

Hadi menyebut, tidak pernah secara gamblang memperkenalkan diri sebagai seorang profesor. Dia mengaku hanya sebagai Ketua Tim Riset Penanganan Covid-19 untuk Emergency Kemanusiaan.

"Saya sampai saat ini belum men-declare saya siapa dari mana? Tapi di sini saya men-declare, saya Ketua Tim Riset Penanganan Covid-19 untuk Emergency Kemanusiaan," kata Hadi kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat pada Senin (3/8/2020).

Dia juga menegaskan, dirinya bukan seorang dokter, sehingga tidak terdaftar di organisasi profesi dokter mana pun.

"Untuk masalah IDI, saya bukan dokter. Di database-nya ini pasti tidak ada, karena saya bukan dokter dan saya tidak ada keterikatannya dengan IDI. Saya adalah tim riset untuk melakukan penelitian untuk kepentingan kemanusiaan urgensi Covid-19," klaimnya.

Hadi kemudian menjelaskan, Tim Riset Penanganan Covid-19 untuk Emergency Kemanusiaan adalah tim independen tanpa anggaran negara yang terdiri dari berbagai macam latar belakang. Namun, dia tidak menyebutkan secara gamblang perihal tim ini.

"Kami melakukan riset secara independen, kami melakukan riset dengan biaya kami sendiri, tidak menggunakan angagran negara. Tidak meminta kepada negara, tidak menggunakan uang rakyat, ini hasil karya anak bangsa," ucap Hadi.

Menurut Hadi, pihaknya juga sudah sering ingin menjalin komunikasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar ramuan herbal temuan mereka bisa diuji untuk pasien Virus Corona atau covid-19 namun tak pernah ada respon pasti.

"Kita menunggu. Seharusnya ini dengan adanya temuan masyarakat seperti ini, yang peduli akan kesehatan dan nyawa saudara kita, mereka yang sudah diberikan fasilitas oleh negara, mereka jemput bola. Jangan mereka menunggu bola, mereka seperti raja menunggu rakyatnya melapor. Seharusnya mereka lebih agresif dan mereka lebih sportif dalam melihat kondisi yang ada saat ini," Kata Hadi.

“Kalau di sini kan saya lihat teman-teman di medsos mencibir dan mencaci saya gitu, ‘oh ini hoax, ini tipu’, dan seterusnya ya. Tapi yang penting kan kita lihat hasil dari apa yang kita hasilkan, produk yang kita temukan itu bermanfaat untuk kepentingan emergency kemanusiaan yang saat ini ada,” pungkas hadi

Diketahui, nama Hadi Pranoto mendadak ramai diperbicangkan publik usai mengklaim telah menemukan obat atau herbal antibodi untuk menyembuhkan Covid-19 saat diwawancara musisi Anji Manji.

Dalam video wawancara itu, Hadi juga mengaku sebagai profesor dan pakar mikrobiologi.

Bahkan, dalam video itu Hadi Pranoto mengaku sudah menyembuhkan ribuan orang dengan obat herbal tersebut hanya dalam jangka waktu dua sampai tiga hari pengobatan.***

WJT / nun

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya