backgroud
logo

Daerah Jabar

 

56 Santri Terinfeksi Covid-19, Ponpes Husnul Disemprot Disinfektan

56 Santri Terinfeksi Covid-19, Ponpes Husnul Disemprot Disinfektan

 
56 Santri Terinfeksi Covid-19, Ponpes Husnul Disemprot Disinfektan
Petugas Damkar Kuningan melakukan penyemprotan disinfektan di hampir setiap sudut lingkungan ponpes. (WJtoday)
WJtoday
Minggu, 27 September 2020 | 11:49 WIB
WJtoday, Kuningan - Pondok pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, penambahan kasus positif terinfeksi Covid-19 santri Ponpes tersebut menjadi 56 kasus.

Ketua Yayasan Kusnul Khotimah Kuningan KH Mu’tamad  LC MPD Al Hafidz mengatakan, Mulai tanggal 12-24 September 2020, sebagian santri mengalami batuk, flu dan panas. Kami lakukan test swab dengan hasil terkonfirmasi positi, saat ini dalam proses isolasi  mandiri

Petugas Damkar Kuningan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. 

Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, pasca salah satu ponpes ini menjadi klaster baru di Kabupaten Kuningan.

Kegiatan disinfeksi pondok pesantren ini berlangsung selama tiga hari. Klaster dari lingkungan pondok pesantren ini cukup menambah daftar panjang kasus positif Covid-19.



Adapun jumlah total santri yang terkonfirmasi positif mencapai 56 orang, namun beberapa telah dinyatakan sembuh dan menyisakan 47 orang masih di karantina. 

Puluhan santri Husnul Khotimah Kuningan yang terpapar Covid-19, sembilan diantaranya merupakan warga asli Kuningan.

Kepala Damkar Kuningan, Mh Khadafi Mufti dalam keterangan persnya, Minggu (27/9/2020), menyebutkan, jika penyemprotan kapasitas besar cairan disinfektan ini menghabiskan sebanyak 4.500 liter. 

Penyemprotan ini dilakukan karena ada beberapa santri di lingkungan pondok pesantren terindikasi positif, sehingga dilakukan langkah untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Kita akan laksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan selama tiga hari mulai hari ini sampai Senin depan,” tukasnya.


Pihaknya menerjukan sebanyak delapan petugas berikut satu unit randis Damkar Kuningan. Adapula Tim BPBD Kuningan, Polsek Jalaksana, Koramil Jalaksana, Aparatur Desa Maniskidul maupun tim kesehatan dari Puskesma Japara dan Jalaksana.

“Langkah ini perintah langsung dari Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan, tentang permintaan penyemprotan cairan disinfektan sebegai pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan Pondok Pesantren Husnul Khotimah Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kuningan,” ungkapnya.

Tak hanya di lingkungan Ponpes Husnul Khotimah bagian luar gedung, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan pula di dalam ruangan gedung oleh Tim BPBD Kuningan. Termasuk dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi santri di lingkungan pondok pesantren oleh tim kesehatan dari Puskesmas Kecamatan.***

WJT / agn

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya