backgroud
logo

Trensosial

 

Forum Online Legendaris Yahoo Group akan Ditutup 15 Desember 2020.

Forum Online Legendaris Yahoo Group akan Ditutup 15 Desember 2020.

 
Forum Online Legendaris Yahoo Group akan Ditutup 15 Desember 2020.
Forum online legendaris Yahoo Group akan ditutup 15 Desember 2020.. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Kamis, 15 Oktober 2020 | 14:40 WIB

WJtoday.com – Setelah hampir 20 tahun, Forum online legendaris Yahoo Group akan ditutup 15 Desember 2020. Setelah tanggal tersebut, laman groups.yahoo.com tidak akan lagi bisa diakses selamanya.

Verizon, sebuah perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat yang membeli perusahaan tersebut tiga tahun lalu, berencana untuk menghapus situs  groups.yahoo.com.

“Kami menutup situs Yahoo Groups pada 15 Desember 2020 dan anggota tidak lagi dapat mengirim atau menerima email dari Yahoo Groups. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang penutupan Yahoo Groups dan opsi layanan alternatif di halaman bantuan ini,” jelas pengumuman yang terpampang di situs Yahoo Groups.

"Meskipun keputusan ini tidak pernah mudah, kami terkadang harus membuat keputusan sulit terkait produk yang tidak lagi sesuai dengan strategi jangka panjang kami , dan saat kami mengasah fokus kami pada area bisnis lainnya". tulisnya

Layanan Yahoo Groups diluncurkan pada tahun 2001  tidak dapat bersaing platform grup online populer lainnya seperti Reddit, Facebook, Google, dan lainnya yang lebih menarik.

Yahoo Groups salah satu layanan yang paling sering digunakan setelah Yahoo Messenger dan Yahoo Mail.

Sering juga disebut milis. Biasanya para pengguna berbagi informasi, bersosialisasi, menjual barang di tempat itu.

Seperti dikutip dari The Register, Selasa (13) kemarin, tanda-tanda Yahoo Groups akan dimatikan sebetulnya sudah terlihat sejak setahun lalu oleh Verizon, pemilik baru Yahoo.

Sejak 21 Oktober 2019, pengguna tidak akan bisa lagi mengunggah konten atau postingan ke Yahoo Groups dan semua konten yang ada dihapus sejak 14 Desember 2019.

Konten tersebut di antaranya adalah file pengguna, polling, link, foto, folder, database, kalender, percakapan, hingga riwayat pesan pengguna. Yahoo pun menyarankan agar pengguna yang menyimpan dokumen penting di Yahoo Groups segera mengunduh dokumen tersebut. Sebab Yahoo memastikan bahwa setelah akhir tahun 2019 ini semua dokumen akan hilang dan tak dapat dikembalikan.

Jadi, hanya fungsi email yang akan berfungsi sejak saat itu. Alasan dibalik penutupan ini masih belum jelas, namun tampaknya Verizon tak lagi melihat profit pada layanan Yahoo yang sempat populer itu.

Jika benar alasannya demikian, maka wajar saja Verizon menutupnya. Hal itu dilakukan untuk dapat menghemat pengeluaran operasional, misalnya tim di balik Yahoo Groups.

Pengumuman hari ini menandai akhir jalan untuk salah satu sistem papan pesan terbesar di internet pada masanya. Meskipun demikian, terlepas dari sejarah jangka panjangnya, layanan Yahoo Groups, yang diluncurkan 19 tahun lalu pada tahun 2001, telah terseok-seok selama bertahun-tahun.

Ia pun perlahan-lahan kehilangan sebagian besar basis pengguna yang dulu sangat besar. Para pelanggan beralih ke layanan yang lebih baru seperti Reddit, Google Groups, dan Grup Facebook.

Verizon, tidak pernah memiliki rencana untuk menghidupkan kembali layanan tersebut. Pasalnya, Yahoo Groups terus mengalami penurunan pengguna selama beberapa tahun terakhir. Ini kemudian membuat mereka mulai menghentikannya secara bertahap tahun lalu.

Ketika berita penutupan ini tersebar di Twitter, banyak para netizen yang panik dan mulai bertanya apakah ini akan memengaruhi akun email mereka, atau akun media sosial apa pun yang telah mereka tautkan ke akun email mereka.

Pihak Yahoo memberi penjelasan, Tidak akan terdampak,karena yang dinon-aktifkan hanya layanan Yahoo Groups (groups.yahoo.com) dan e-mail yang dikirim menggunakan Yahoo Groups. Yahoo Mail akan tetap berfungsi normal.

"Meskipun Anda tidak akan dapat mengirim dan menerima email dari Yahoo Groups mulai 15 Desember dan seterusnya, ini tidak mempengaruhi apa pun. Anda akan dapat terus mengoperasikan akun email Yahoo Anda, dan semua fungsi terkait akan tersedia. Satu-satunya perubahan adalah jika Anda adalah bagian dari Yahoo Groups, Anda tidak akan lagi dapat mengirim atau menerima email dari Yahoo Groups. Setiap email yang telah Anda kirim dan terima di masa lalu juga akan tetap ada di akun email Anda, " Tulis laman Yahoo.***

WJT / nun

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya